Pengertian Internet

Internet (kependekan daripada perkataan ‘inter-network’) ialah rangkaian komputer yang berhubung menerusi  beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’   besar)   ialah   sistem   komputer   umum,   yang   berhubung   secara   global   dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication  protocol).  Rangkaian  internet  yang  terbesar  dinamakan
internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Pengertian Internet

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research   Projects   Agency). Beberapa   penyelidikan   awal   yang   disumbang   oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada  1 Januari  1983,  ARPANET  menukar  protokol  rangkaian  pusatnya,  dari NCP  ke  TCP/IP. Ini  merupakan  awal  dari  Internet  yang  kita  kenal  hari  ini.  Pada sekitar   1990-an,   Internet   telah   berkembang   dan   menyambungkan   kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Baca juga:
Dampak Positif dan Negatif Internet
Negara dengan akses internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada   penduduknya   mempunyai   akses  jalurlebar   –  Broadband),   dan  Swedia. Terdapat dua bentuk akses internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalur lebar. Di Indonesia, seperti negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC masih juga rendahlainnya  sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet aksss  seperti  warnet  ,  cybercafe,  hotspot  dll.  Tempat  umum  lainnya  yang  sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan dikantor.

Disamping  menggunakan  PC (Personal  Computer),  kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia).  Teknologi  GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas   tersebut.   Pen-setting-an   GPRS   pada   ponsel   Tergantung   dari   operator (Simpati,  Indosat,  XL,  3)  yang  digunakan.  Biaya  akses  Internet  dihitung  melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

Internet juga semakin banyak digunakan  di tempat umum. Beberapa  tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe/warnet  (juga  disebut  Cyber  Cafe).  Terdapat  juga  tempat  awam  yang menyediakan pusat akses internet, seperti Internet Kiosk, Public access Terminal, dan Telepon web.

Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment