Cara Penulisan CSS ( Cascending Style Sheet )

Ada tiga cara penulisan kode CSS, yaitu inline, internal dan external. Ketiganya bisa anda lakukan sesuai dengan kebutuhan. Berikut contoh penggunaan dari metode-metode tersebut:

Cara Penulisan CSS ( Cascending Style Sheet )

Inline

Penulisan kode CSS dengan metode inline ini bisa dilakukan langsung pada tag yang ingin diberi style dengan menggunakan atribut style. 
<h1 style= "color : red; "> Judul Situs </h1>
Pada metode ini, anda tidak perlu menuliskan selector. Karena anda menuliskan CSS langsung pada tag yang ingin diberi style.Cara ini sangat tidak dianjurkan, karena Anda akan mencampurkan antara “Format” dan “Presentasi”. Cara ini juga tidak efektif ketika anda akan melakukan perubahan pada CSS.

Internal

Metode CSS internal ditulis di dalam tag style yang ditempatkan pada tag head. 
<HTML>
<head>
<title>Judul HTML</title>
    <style> h1 {
                          color : red;
                      }
    </style>
</head>
....
Metode kedua ini sangat dianjurkan untuk pengujian style, atau ketika anda hanya memiliki satu halaman web.

Tersedia di Bacacoding:


External

Metode yang terakhir adalah dengan membuat file CSS dan dipanggil di dalam tag head. File CSS memiliki ekstensi (akhiran) .CSS misanya namafile.CSS. Pemanggilan file CSS dilakukan dengan menggunakan tag link: 
<HTML>
<head>
<title>Judul HTML</title>
<link rel="stylesheet" href="fileCSS.CSS" /> 
</head>
...
Cara Penulisan CSS ( Cascending Style Sheet ) External
Contoh peletakan file css di luar html (external)

Atribut rel adalah informasi hubungan (relationship) dari tag link tersebut, yaitu sebagai stylesheet. Href diisi dengan lokasi file CSS yang ingin dimuat. Pemanggilannya sama dengan pemanggilan gambar atau link.

Nah Bagaimana…? apakah sekarang kamu sudah mengerti Bagaimana cara penulisan CSS? Mungkin itu saja tulisan yang membahas tentang cara penulisan CSS, jika terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam penulisan mohon di maafkan dan perbaiki atau lengkapi saja jika terdapat kesalahan. Kalau memang tulisan ini bermanfaat tidak ada salahnya jika men-Sharenya kepada teman kamu yang lain, sekian dan terimakasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment